Bojonegoro – Program Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera (Jalin Matra) Pemprov Jatim terlibat aktif dalam Festival Samin 2019 di Bojonegoro. Dalam event tersebut, program yang dioperatori Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa ini memberikan pelatihan gratis pembuatan Batik Tulis Udeng.

Pelatihan yang digelar di Balai Desa Margomulyo Kecamatan Margomulyo, 10 September itu diikuti puluhan kepala rumah tangga perempuan (KRTP) warga desa setempat, dengan menghadirkan instruktur dari mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

“Melalui pelatihan ini diharapkan para KRTP Desa memiliki kegiatan produktif dan kreatif sehingga bisa memunculkan kreatifitas sekaligus menambah pendapatan keluarga,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Provinsi Jawa Timur, Ir Mochammad Yasin MSi saat membuka pelatihan tersebut.

Pelatihan tersebut juga menghadirkan Bank UMKM yang siap memberikan modal bagi UMKM dari desa Margomulyo yang berniat mengembangkan usahanya.

Yasin sendiri mengaku bangga bisa menjadi bagian dari Festival Samin 2019. “Sebuah perpaduan antara tradisi, keluhuran adat dan budaya, kami juga mengapresiasi penetapan Budaya Samin sebagai Warisan Budaya Bukan Benda oleh Kemendikbud pada Tahun 2019, semoga Budaya Samin yang terkenal Pitutur Luhur semakin dikenal luas,” jelas pejabat asli Bojonegoro itu.

Festival Samin digelar sejak 8 hingga 11 September 2019. Selain pelatihan membuat Batik Tulis Udeng, juga ada pagelaran musik Etnomusikologi, musik orkestra, teater kontemporer, jamasan pusaka hingga pertunjukan wayang kulit. (Sal/red)