Situbondo – Peringatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Ke-16 dan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-47 Provinsi Jawa Timur 2019 di Kabupaten Situbondo, Sabtu (19/10/2019) diramaikan pelatihan pembuatan Udeng Jhengger, atau atau ikat kepala khas warga Situbondo.

Pelatihan Udeng Jhengger diikuti oleh puluhan anggota Rumah Tangga Sasaran (RTS) Kegiatan Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan (PK2) Program Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera (Jalin Matra) Provinsi Jawa Timur asal Kabupaten Situbondo.

“Diharapkan, setelah memperoleh pelatihan, peserta bisa menerapkannya untuk membuka usaha pembuatan Udeng Jhengger sebagai salah satu usaha yang bisa dikembangkan,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa, Mohammad Yasin.

Program Jalin Matra ikut menyumbang penurunan angka kemiskinan pedesaan di Jawa Timur. Data kemiskinan yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur pada Maret 2019 menyebut, pada periode September 2018 – Maret 2019, kemiskinan di pedesaan turun sebesar 171.070 orang (0,78%) sedangkan di perkotaan turun sebesar 8.820 (0,13%).

Selain kegiatan PK2, program Jalin Matra juga memiliki kegiatan Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK), dan Bantuan Rumah Tangga Sangat Miskin (BRTSM).

Selain diramaikan dengan pelatihan pelatihan pembuatan Udeng Jhengger, Peringatan BBGRM) Ke-16 dan HKG PKK Ke-47 Provinsi Jawa Timur 2019 di Kabupaten Situbondo juga diramaikan dengan pameran produk UKM dan bersih-bersih Kampung Kerapu. (Med/red)