Surabaya – 3 Bumdesa berprestasi mendapatkan penghargaan langsung dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat upacara HUT Jawa Timur ke-75 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (12/10/2020). Ketiganya adalah pemenang lomba Bumdesa 2020 yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Provinsi Jawa Timur.

Ketiga Bumdesa tersebut yakni Bumdesa Ketapanrame, Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto sebagai juara pertama, Bumdesa Binor Energy Desa Binor Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo sebagai juara kedua, dan Bumdesa Delta Mulia Desa Panempan Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Provinsi Jawa Timur, Mohammad Yasin, ketiga bumdesa tersebut memiliki masing-masing keuanggulan yang menonjol sebagai point plus di mata dewan juri.

Seperti Bumdesa Ketapanrame yang mampu mengoptimalkan potensi sumber daya air pegunungan hingga mampu melayani kebutuhan air bersih di wilayah Mojokerto bahkan mencapai wilayah Surabaya.

Kemudian Bumdesa Binor Energy yang mengoperasikan kawasan rest area di wisata Pantai Binor Harmony (Bohay) dan usaha catering bagi karyawan PT PBJ Paiton.

“Bumdesa ini mampu menjalin kemitraan dengan CSR PBJ Paiton berupa pengelolaan lahan di Kawasan wisata Bohay yang dimanfaatkan untuk resto dan café sehingga memberikan dampak sangat signifikan terhadap pengembangan usaha Bumdesa,” katanya Rabu (14/10/2020).

Sementara Bumdesa Delta Mulia, mampu mengembangkan pembiayaan Syariah Murabahah dalam penjualan barang dan sembako. “Inovasi ini sangat sesuai dengan kultur masyarakat sekitar Bumdesa,” jelasnya.

Gubernur Khofifah menyampaikan selamat atas prestasi yang dicapai para pengurus Bumdesa tersebut. Menurutnya, ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Jatim karena memiliki insan-insan berprestasi dari beragam bidang kegiatan.

Untuk itu, Khofifah mengajak kepada seluruh penerima penghargaan bersama-sama pemerintah dan berbagai elemen masyarakat ikut membangun Jawa Timur lebih maju. Hal ini berseiring dengan semangat yang digaungkan dalam Tema Hari Jadi Ke-75 Provinsi Jatim, “Melalui Semangat Nawa Bhakti Satya Untuk Jawa Timur Maju”.

“Terima kasih semuanya, selamat semuanya. Ayo membangun Jawa Timur bareng-bareng,” ucap Gubernur perempuan pertama di Jatim ini. (Red)