Pasuruan—Walikota Pasuruan terpilih Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menolak pengadaan mobil dinas baru untuk dirinya. Di masa pandemi Covid-19, tidak selayaknya pemerintah menggunakan anggaran untuk kendaraan dinas baru.

“Saya menolak rencana pengadaan mobil baru untuk walikota. Saat ini suasana penuh keprihatinan menghadapi covid-19,” kata Gus Ipul dalam keterangan tertulisnya, Selasa 5 Januari 2021.

Di tengah pandemi, Gus Ipul minta seluruh belanja yang belum mendesak lebih baik ditunda dan dialihkan untuk fokus dalam menghadapi pandemi Corona Covid-19.

“Lebih baik belanja yang masih bisa ditunda seperti membeli mobil dinas bisa ditunda dan dialihkan untuk membelanjakan keperluan yang dibutuhkan masyarakat seperti membeli mesin rapid antigen, mobil ambulan serta keperluan-keperluan lain untuk mengatasi pandemi Covid-19,” ujarnya.

Apalagi, kata Gus Ipul, mobil dinas dari walikota sebelumnya masih cukup layak untuk digunakan kembali menjadi kendaraan walikota berikutnya.

Gus Ipul mengaku, konsentrasi pemerintah saat ini harus tercurah sepenuhnya untuk menghadapi pandemi sehingga program kerja juga harus fokus menghadapi pandemi.

“Sebentar lagi kita juga harus bersiap menghadapi proses vaksinasi covid. Kita juga harus membenahi sarana kesehatan di Kota Pasuruan. Jadi sekali lagi kendaraan dinas baru untuk walikota belum diperlukan,” kata Gus Ipul.

Sekadar diketahui pemerintah kota Pasuruan berencana membeli mobil dinas baru untuk Walikota Pasuruan terpilih. Pernyataan ini sempat diungkapkan Kepala Bagian Umum Pemerintah Kota Pasuruan, Luluk Isbawati melalui sebuah media online. (Red)