Surabaya – Acara Sosialisasi Pendaftaran Seleksi Calon Anggota KPU dan Calon Anggota Bawaslu Masa Jabatan 2022-2027 di Provinsi Jawa Timur diadakan di Hotel Aria Centra Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur pada hari Jumat, 12 November 2021.

Acara dibuka oleh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Timur, R.Heru Wahono Santoso, S.Sos, MM.

Dalam sambutannya, Heru menyampaikan menyampaikan harapannya agar melalui seleksi calon anggota KPU RI dan Bawaslu RI, dapat terpilih figur-figur yang tepat dalam mengemban tugas dalam penyelenggaraan pemilu, yang akan menghasilkan para pemimpin bangsa di masa mendatang.

“Kami berharap melalui seleksi ini dapat menghasilkan figur-figur terbaik bangsa yang dapat mengemban tugas dalam menyelenggarakan pelaksanaan pemilu, dan harapannya akan ada perwakilan Komisioner KPU dan Bawaslu dari Provinsi Jawa Timur,” kata Heru.

Direktur Bina Ideologi, Karakter, dan Wawasan Kebangsaan, Drs. Drajat Wisnu Setyawan dalam paparannya menyampaikan persyaratan-persyaratan dalam proses administrasi, sehingga para peserta dapat mengikuti tahap selanjutnya. Dijelaskan juga tahapan seleksi serta jadwal dari setiap tahapan.

“Kami sebagai bagian dari tim sekretariat seleksi calon anggota KPU dan calon anggota Bawaslu berharap  meskipun dalam Undang-Undang, anggota KPU dan Bawaslu harus Independen dan Mandiri, namun anggota KPU dan Bawaslu harus juga memiliki sifat-sifat kenegarawanan, dan Karakter Pancasila,  agar bisa bekerjasama secara sinergis dengan Pemerintah dan Masyarakat untuk mendukung proses pelaksanaan Demokrasi Bangsa ,” ujar Drajat.

Penerimaan Pendaftaaran Seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu akan di tutup tanggal 15 November 2021. Selanjutnya akan dilanjutkan dengan tahapan seleksi tertulis dan makalah, Tes Psikologi, Tes Kesehatan, dan Wawancara.

Pada akhirnya nanti, Tim Seleksi akan memilih 14 calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu yang akan diserahkan kepada Presiden. (Red)