Kebanggaan Khofifah Atas Prestasi Yang Diraih Desa Aeng Tong Tong Sumenep

banner 728x90

Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengaku bangga atas dua prestasi yang ditorehkan desa Aeng Tontong, kecamatan Saronggi, kabupaten Sumenep. Rasa bangga itu diungkapkan Khofifah dalam unggahan foto instagram pada Kamis (3/11/2022).

Prestasi pertama diraih desa di kabupaten Sumenep itu dengan meraih penghargaan MURI atas empu keris terbanyak. Sedangkan, yang kedua adalah juara 1 Kategori Daya Tarik Pengunjung pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 Dari Desa untuk Indonesia Bangkit. 

"Bangga bercampur bahagia mendapat kabar jika Desa Aeng Tongtong, Sumenep berhasil menyabet juara 1 kategori daya tarik pengunjung pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Tidak berhenti disitu, desa ini juga berhasil mendapatkan rekor MURI sebagai desa wisata dengan jumlah empu keris terbanyak," kata Khofifah dalam unggahan foto instagramnya.

Dari pantauan, Khofifah terlihat mengunggah foto dengan memegang keris.Unggahan itu mendapat tanggapan positif dari ribuan pengikut Khofifah, di laman instagram.

Khofifah berharap agar prestasi itu tetap dipertahankan. Dan, yang terpenting, desa Aeng Tontong bisa terus menjaga dan melestarikan budaya leluhur.

"Prestasi ini menjadi kado istimewa bagi Jawa Timur di hari jadinya yang ke-77 dan HUT Kabupaten Sumenep ke-753 tahun. Terimakasih dan selamat kepada Desa Aeng Tongtong, semoga kabar baik ini membawa kebaikan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat desa. Dan, yang paling utama warisan leluhur tetap terjaga dengan baik dan terus lestari. Bravo Sumenep," tambahnya.

Sekadar diketahui, Pemkab Sumenep dibawah kepemimpinan Bupati Achmad Fauzi gencar mendorong pertumbuhan dan pengembangan serta pembangunan industri dunia pariwisata. Bahkan sudah dicanangkan melalui kampanye pariwisata 'Visit Sumenep, The Soul of Madura'.

Prestasi yang diraih desa Aeng Tontong itu juga tidak lepas dari tangan dingin bupati Fauzi.

Bupati Fauzi juga menyampaikan rasa terimakasih kepada warga desa Aeng Tongtong yang gigih dalam melestarikan budaya leluhur. Menurut dia, prestasi itu menjadi kebanggaan seluruh warga Sumenep dan akan menjadi penyemangat, untuk menjaga warisan leluhur.

Kami menyampaikan terima kasih kepada pemerintahan desa dan masyarakat Aeng Tongtong yang telah bergotong royong membangun desa melalui sektor wisata keris, kata Bupati Fauzi, Kamis, (03/11/2022).

Mnurut Fauzi, penghargaan MURI dan menjuarai ADWI 2022 tidak lepas dari para pemimpin Kabupaten Sumenep sebelumnya, yang telah melakukan berbagai program pembangunan, diantaranya pemberdayaan masyarakat.

Kesuksesan ini, memang tidak lepas dari peran serta pemimpin terdahulu dalam  membangun daerah di berbagai sektor, sehingga mampu melestarikan warisan leluhur dengan meregenerasi empu keris, tutur politisi PDIP itu.

Bupati Fauzi juga menyampaikan bahwa pemerintah berkomitmen untuk terus membangun desa sebagai upaya peningkatan ekonomi semata untuk kesejahteraan masyarakat. 

Pemerintah daerah pasti hadir di segala aspek untuk membangun desa termasuk Desa Aeng Tontong  ini, sehingga desa di Kabupaten Sumenep bisa mandiri dengan memanfaatkan potensinya guna kesejahteraan masyarakat, pungkasnya. (Sal/red)

banner 300x250
banner 300x250