Kepala BPSDM Jatim Kepala OPD Paling Inovatif Versi Memorandum

banner 728x90

Surabaya - Inovasi berkesinambungan yang terus dilakukan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur Aries Agung Paewai berbuah penghargaan dari media berita hukum dan kriminal terbesar di Jawa Timur, SKH Memorandum. Penghargaan itu diberikan bertepatan dengan HUT ke-53 SKH Memorandum berlangsung di Jalan Ketintang Baru III/91, Selasa (22/11).

Pemimpin Redaksi SKH Memorandum Arief Sosiawan menyerahkan langsung penghargaan itu kepada Sekretaris BPSDM Jatim Aries Irwansyah yang mewakili Kepala BPSDM Jatim Aries Agung Paewai, karena dalam waktu bersamaan mengikuti Pelatihan di Melbourne, Australia.Inovasi yang tiada pernah henti menjadi pertimbangan utama SKH Memorandum mengganjar Kepala BPSDM Jatim yang kini juga telah menyandang status Corporate University SDGs atas inisiasi yang dilakukannya, sebagai Kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terinovatif di lingkungan pemerintah provinsi Jawa Timur. Tak bisa dipungkiri semenjak dinakhodai Aries Agung Paewai, BPSDM mengalami banyak perubahan luar biasa. Dari beberapa tahun silam pamor BPSDM Jatim yang cenderung tak pernah terekspose ke publik, di tangan pria asal Sulawesi Selatan itu semuanya berubah total.
Dari luar saja secara fisik infrastruktur kantor BPSDM Jatim yang berada di kawasan Balongsari, Tandes, Surabaya Barat, terlihat banyak perubahan mentereng baik secara desain hingga struktur bangunan di dalam area yang digunakan untuk menggembleng aparat sipil negara yang merupakan pamong pelayan masyarakat mulai dari tingkatan staf sampai dengan pejabat struktural eselon 2 itu.

Salah satu bangunan yang diinisiasi oleh Aries di akhir 2020 adalah gedung Command Center dan PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) serta Pusparaja (Pusat Pembelajaran Jarak Jauh).

Gedung ini sebagai pusat data dan informasi terkait pengembangan kompetensi ASN yang dilengkapi dengan aplikasi-aplikasi penunjang yaitu, PAWON (Pelayanan Administrasi WI Online), e-Learning, e-Registrasi, SI-PEKAD (Penjadwalan Kediklatan), Si Bang Kodir (Sistem Pengembangan Kompetensi Mandiri). gedung tersebut tidak dimanfaatkan dengan baik hanya sebagai gudang dan akhirnya direnovasi.

Tak hanya merombak total infrastruktur yang tentunya bisa menunjang kinerja BPSDM Jatim untuk lebih moncer, Aris Agung Paewai juga membenahi sumber daya manusia di tubuh BPSDM. Dipilihnya struktur organisasi dengan sosok-sosok yang berkualitas dan kompeten, terbukti sejumlah apresiasi gemilang turut diraih lembaga yang dipimpin Aries itu.

Tak lama berselang setelah perombakan infrastruktur hingga kinerja di BPSDM Jatim, apresiasi demi apresiasi serta penghargaan dari pemerintah pusat maupun sejumlah pihak diraih BPSDM Jatim yang menjabat dari awal januari 2022.

Sebut saja Pelayanan Administrasi Widyaiswara Online (Pawon) berhasil meraih penghargaan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) Top 30 Tahun 2021. Inovasi Pawon ini masuk peringkat 3 terbaik kategori umum perangkat daerah provinsi

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo pada acara Penganugerahan Penghargaan Kovablik 2021 sekaligus Pameran dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik Jawa Timur 2021 di Grand City Surabaya.

Menurut Aries kala itu, dari sekian banyak inovasi yang dihasilkan BPSDM Jatim, pihaknya mengajukan Pelayanan Administrasi Widyaiswara Online (Pawon). Pawon, kata dia, merupakan inovasi administrasi pelayanan kelembagaan bagi para widyaiswara (pengajar) dan memudahkan mengurus kelengkapan di sela kesibukan memberikan pendidikan.

Widyaiswara yang dimiliki BPSDM Jatim mobilitasnya sangat tinggi dan mengajar di berbagai kabupaten/kota sehingga melalui sistem online dapat mengurus kelengkapan administrasi secara mudah serta terdokumentasi rapi sebagai kelengkapan SPJ adiministrasi pertanggungjawaban kepada lembaga.

Kalau dilakukan manual waktunya tidak mencukupi, karena mereka harus mengajar dan menyiapkan materi, tapi di sisi lain menyiapkan administrasi. Karena itu, menurut Aries BPSDM Jatim menyiapkan aplikasi untuk para widyaiswara membantu tugas-tugas mengajar, terlebih jika selama sepekan diharuskan mengajar di berbagai tempat berbeda.

Pada 2020 sampai dengan 2021 sedikitnya sepuluh prestasi mampu diraih BPSDM Jatim, dengan rincian sebagai lembaga Pelatihan terbaik 2 Tingkat Pemerintah Daerah dari Lembaga Administrasi Negara, saat tahun pertama Aries Agung menjabat yang selama 15 tahun tidak pernah meraih penghargaan terbaik, dilanjutkan lembaga pelatihan terakreditasi bintang 1, kemudian Program Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II terakreditasi A, dan Program Pelatihan Kepemimpinan Administrator Terakreditas A. Selain itu, Program Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Terakreditasi A, lalu Sistem Akuntabilitas kinerja Instansi Pemerintah Predikat A, dan Lembaga Palatihan tingkat daerah terbaik 1 ditahun 2021 setelah sebelumnya ditahun 2020 peringkat ke 2.
Satu lagi, sebagai terbaik pertama Pembelajaran Micro Learning serta penghargaan Kovablik Top 30 Pemerintah Provinsi Jawa Timur tahun 2021.

Satu hal lagi yang menjadikan BPSDM dinilai oleh Memorandum memiliki keunggulan dibanding beberapa OPD lain di pemprov Jatim adalah terkait pemberitaan (ekspose) kegiatan BPSDM Jatim yang tidak pernah luput untuk termuat di media online, elektronik, maupun media cetak.

Sosok Kepala BPSDM Aries Agung Paewai tentunya yang menjadi motor berkembangnya lembaga yang merupakan kawah chandradimuka untuk membentuk karakter ASN yang profesional dalam tugas memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, tegas pemimpin redaksi SKH Memorandum Arief Setiawan yang merupakan salah satu penggagas Memorandum Award ini.

Hal lain yang juga menjadi penilaian SKH Memorandum adalah sosok Aries Agung Paewai yang dikenal komunikatif dan kooperatif dengan kalangan jurnalis. selalu menyempatkan waktunya melayani dan mendampingi media disetiap kesempatan apabila dibutuhkan konfirmasinya. Karakter ini tentu juga berdampak besar pada transformasi yang telah dilakukan oleh BPSDM Provinsi Jawa Timur.

Mantan Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Jatim di era Gubernur Soekarwo itu juga dikenal terbuka terhadap informasi apapun, sehingga tentu juga sangat mendukung kinerja jurnalis yang selama ini menghimpun berita di lingkungan Pemprov Jatim.

Aries yang diwawancara melalui via Whatshaap yang sedang berada di melbourne mengikuti Pelatihan Perencanaan Pembangunan dan juga pengelolaan Pelayanan Pajak Retribusi Kendaraan mulai tanggal 16 sampai dengan 25 November 2022 mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan oleh SKH Memorandum.

"Saya mengapresiasi atas penghargaan ini tapi yang tidak kalah penting bahwa apresiasi ini bukan untuk saya tapi saya persembahkan untuk seluruh ASN di BPSD Jawa Timur. mereka yang selama ini berjuang keras dan cerdas bangkit memajukan dan juga memberikan warna yang sangat luar biasa di BPSDM. Saya hanya sebagai pemimpin yang tidak lebih sebagai dirigent bagi mereka selebihnya mereka otomatis mempunya inisiatif dan kolaboratif dan inovasi yang sangat maju. ujarnya. (Sal/red)

banner 300x250
banner 300x250