Surat Hasil Rapid Test Palsu Beredar Di Surabaya

banner 728x90

Surabaya Viral - Praktik pemalsuan surat hasil rapid test dibongkar di Surabaya. Dengan membayar Rp 100.000, bisa mendapatkan surat keterangan rapid test dengan hasil non reaktif tanpa melakukan rapid test.

Praktik tersebut dilakukan komplotan yang beroperasi di sekitar Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. "Mereka menawarkan surat hasil rapid test kepada calon penumpang kapal laut antar pulau sebagai syarat pembelian tiket agar bisa berangkat," kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum kepada wartawan, Senin (21/12/2020).
3 anggota komplotan sudah ditangkap oleh jajaran Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Ketiganya adalah MR (55), BS (35), dan SH (46).
Masing-masing tugas anggota komplotan kata Ganis, MR sebagai pemilik agen travel, BS sebagai calo, dan SH salah satu pegawai Puskesmas yang berada di wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Perak.
"Selain sebagai calo, BS sendiri bertugas menggandakan surat, memberi stempel dan memalsukan tanda tangan dokter," terangnya.
Dia memastikan surat tersebut didapat dari Puskesmas yang ada di wilayah hukumnya. "Ini nanti akan kami dalami karena dugaannya melibatkan berbagai pihak seperti Puskesmas dan pihak agen perjalanan," ujarnya.
Praktik yang diakui para pelaku berjalan sejak 4 bulan terakhir itu menurut Ganis sangat membahayakan karena membuka kemungkinan calon penumpang yang tidak sehat bisa menaiki kapal laut.
"Bisa membahayakan penumpang lainnya jika pemakai surat rapid test palsu benar-benar sedang sakit atau bahkan mengidap Covid-19," ucapnya.
Ketiganya ditahan di Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Mereka diancam Pasal 263 (1) KUHP dengan ancaman 6 tahun penjara. (kompas.com)

banner 300x250
banner 300x250